Century Goyang Koalisi

4 Mar 2010

Koalisi terancam pecah. sikap yang ditunjukkan beberapa partai pendukung koalisi, khususnya Golkar dan PKS yang ‘membangkang‘ dari koalisi mengindikasikan adanya perpecahan ditubuh koalisi Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II. Sikap berlawanan yng ditunjukkan kedua perta dalam skandal bank century telah menjadikan posisi mereka di kabinet terancam. Deal- deal politik yang diupayakan partai demokrat untuk mempengaruhi sikap mereka seperti sia- sia. Mereka tetap menyuarakan pendapat mereka bahwa ada pelanggaran dalam kasus century.

Hasil voting paripurna DPR yang memenangkan opsi C, yang menyatakan bahwa bailout ke Bank Century terindikasi ada pelanggaran, merupakan tamparan bagi kabinet pemerintahan SBY yang utamanya diusung oleh partai Demokrat. Terbukti bahwa pemerintahan SBY masih rentan terhadap goyangan politik, bahkan dari dalam koalisi itu sendiri. Ini tentu menjadi ancaman serius bagi kelanjutan pemerintahan yang baru berjalan 4 bulan ini. Masih hampir lima tahun lagi pemerintahan ini akan diuji oleh berbagai masalah yang mungkin timbul, seperti halnya kasus century ini.

Saya berharap bahwa pemerintahan akan terus berlanjut tanpa terganggu oleh kasus Century ini. Jika memang ada yang bersalah harus segera ditindak, tidak peduli apakah itu menteri ataupun wapres. Tp yang terpenting adalah tetap mengedepankan sikap berpolitik yang santun. Jangan saling serang yang mengakibatkan pada deadlock nya usaha bangsa ini untuk mencapai kemajuan.


TAGS Skandal Century Pansus Century


-

Author

Follow Me