Lebih Kreatif Dengan Blog

7 Mar 2010

Fenomena penyalahgunaan fungsi jejaring sosial, khususnya facebook yang beberapa waktu lalu marak diberitakan di televisi maupun surat kabar, mulai dari pemerkosaan dari perkenalan di facebook, penculikan, pencemaran nama baik, sampai kepada penghinaan, menjadikan ironisme tersendiri dalam perkembangan teknologi.

Perlu disadari bersama bahwa hal semacam ini merupakan sebuah konsekuensi dari kehadiran teknologi mutakhir yang bernama internet. Selain memberikan manfaat yang besar, teknologi informasi juga berpotensi disalahgunakan seperti halnya dalam kejahatan melalui facebook. Ini tentu tidak dapat dikatakan sebagai kesalahan pencipta teknologi, akan tetapi masyarakatlah yang dituntut untuk lebih bijaksana atas penggunaan teknologi itu sendiri. Dalam kasus yang menggunakan jejaring facebook ini utamanya adalah kawula muda yang rawan melakukan penyalahgunaan.

Ada banyak alternatif yang bisa dijadikan sarana untuk menanggulangi kejahatan yang dilakukan menggunakan fasilitas jejaring sosial semacam facebook dan twitter. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menulis di blog.

Blog.

Blog berasal dari istilah weblog yang kemudian dibaca singkat dengan blog. Awal mulanya blog diperkenalkan oleh seorang yang bernama Jom Barger. Dia menyebut weblog untuk beberapa website, khususnya website pribadi yang diupdate secara rutin dan memuat referensi bacaan website lain yang menurut mereka menarik untuk dibaca (Wikipedia).
Dalam perkembanganya blog mengalami berbagai inovasi, khususnya dalam tampilan. Hal ini dikarenakan para blogger berkreasi menurut selera mereka masing- masing. Mengenai isi, blog juga menawarkan konten- konten yang makin beragam dan mencakup segala macam hal mulai dari tips memasak, tips merawat kendaraan, membeli barang- barang, dan lain- lain, bahkan sampai pada hal- hal ringan yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas blogging (sebutan untuk kegiaatan manulis di blog). Pertama, blog melatih kreativitas untuk menulis secara sistematis. Berbeda dengan facebook yang terkesan hanya menuliskan hal- hal yang kurang penting dalam statusnya, menulis posting di blog menuntut blogger (sebutan bagi pemilik blog) untuk lebih sistematis merinci ide- ide yang akan dibuat dalam sebuah tulisan. Ini sangat penting mengingat tulisan yang dimuat dalam blog bersifat jangka panjang sehingga mengharuskan pemilik blog untuk membuat tulisan yang enak dibaca. Hal ini juga penting agar pengunjung yang membaca tulisan tersebut bisa memahami apa yang ingin disampaikan dengan mudah jika tulisan dibuat secara kronologis dan sistematis.

Manfaat yang kedua adalah fungsi sosial. Menulis di blog bisa berfungsi social, dalam artian bahwa tulisan yang kita buat akan memberikan nilai- nilai tertentu untuk orang lain, khususnya yang membaca tulisan tersebut. Dalam hal ini adalah jika tulisan yang kita buat memiliki nilai informasi dan pengetahuan. Sebagai contoh seorang teknisi komputer bisa menuliskan materi- materi seputar dunia komputer, mulai dari perangkat- perangkat yang ada dalam komputer, tips merawat komputer, tutorial penggunaan software, dan sebagainya untuk kemudian diposting di blog dan bisa memberikan pengetahuan kepada orang lain. Ini tidak ubahnya seperti memberikan pembelajaran kepada murid disekolah, tetapi dengan cakupan yang lebih luas.

Ketiga, blogging memberikan potensi untuk menjadi penulis yang handal. Banyak penerbit yang mencari penulis lewat dunia maya dengan melihat blog- blog mereka. Saat ini sudah banyak blogger yang karyanya telah diterbitkan dalam bentuk buku, bahkan ada yang sampai dibuat film.

Selain memberikan peluang sebagai seorang penulis, kegiatan blogging juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi produk- produk atau penyedia jasa tertentu. Banyak blog yang berisikan promosi hasil kerajinan tangan, kerajinan rumah tangga, dan lain- lain. Promosi melalui blog cukup efektif untuk menjaring pasar tertentu jika pengguna blog bisa menerapkanya dengan benar. Selain itu promosi dengan cara ini juga lebih ekonomis dari segi biaya mengingat bahwa yang diperlukan dalam promosi ini adalah koneksi internet dan kemampuan mengoperasikan komputer. Tentu itu bukan hal yang berat mengingat saat ini akses internet sudah tersedia dengan biaya yang terjangkau. Mengenai kemampuan komputer, tentu sebagian masyarakat sudah bisa mengoperasikanya, terutama adalah generasi muda.

Sama halnya dengan jejaring sosial facebook, untuk dapat memiliki blog sangat mudah dan gratis. Saat ini sudah banyak penyedia blog yang sudah sangat terkenal seperti blogger.com, multiply.com, dan wordpress.com. ketiga situs penyedia layanan blog tersebut memberikan kemudahan bagi para pemula dalam dunia blogging. Skill yang dibutuhkan pun hanyalah kemampuan untuk menulis. Blogger baru tidak perlu khawatir harus mempelajari bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML, PHP, MySQL, dsb untuk dapat berkreasi menggunakan blog. Yang diperlukan hanyalah keinginan untuk menulis dan kemudian mempublikasikanya.


TAGS Facebook Blog


-

Author

Follow Me