Tips Menghadapi Psikotes

27 Sep 2010

Menghadapi psikotes merupakan momok tersendiri bagi calon- calon karyawan berbagai instansi tertentu karena sifatnya yang tidak pasti. Tidak pasti karena kita tidak tahu pasti apakah ukuran penilaian yang digunakan oleh assessor untuk menilai layak tidaknya kita dengan posisi yang kita lamar. Berbicara tentang psikotes sudah tidah tergantung dari IPK karena tidak banyak berpengaruh. Banyak yang ber IPK tinggi namun tidak lolos dalam tes ini, namun banyak juga yang ber IPK rendah tapi mampu berbuat banyak dalam psikotes. Saya disini tidak akan memberikan tips bagaimana untuk bisa lolos dalam psikotes, namun hanya akan memberikan sedikit tips menghadapi psikotes sesuai pengalaman yang saya lalui. Sebelum menginjak tips- tips tersebut, mungkin ada sebagian dari anda yang belum mengetahui sama sekali seperti apakah psikotes itu, untuk itu berikut saya berikan sedikai gambaran tentang bentuk- bentuk soal psikotes:

1. Tes logika aritmetika. Ini merupakan tes hitung- menghitung dasar yang modelnya sama dengan tes logika aritmetika pada Tes Potensi Akademik (TPA).
2. Tes logika verbal. Disini kita akan diberikan kata- kata yang mengharuskan kita memilih sinonim, antonim, dan analogi.
3. Tes paulie. Tes ini berupa angka- angka yang begitu banyak pada selembar kertas. Kita akan diminta untuk menjumlahnya secara vertikal dan memberikan garis setiap sekitar 20 detik sekali. Disini yang dinilai adalah konsistensi, ketahanan, konsentrasi, dan kecepatan.
4. Tes membuat gambar dari titik atau bentuk sederhana menjadi gambar tertentu sesuai imajinasi kita.
5. Tes menggambar pohon. Disini kita disuruh menggambar sebuah pohon dan kemudian menuliskan pohon apakah itu. Biasanya yang dipersyaratkan adalah pohon yang berkambium dan berbuah, sehingga tidak boleh menggambar pohon kelapa, bambu, pisang, dan lain- lain yang tidak memenuhi syarat.
6. Tes menggambar orang. Kita disuruh membuat gambar orang dan kemudian memberikan deskripsi mengenai umur, jenis kelamin, serta aktivitasnya.

Berikut adalah beberapa tips menghadapi psikotes:
1. Persiapkan fisik anda sebaik mungkin karena psikotes akan menguras energi pikiran anda. Hal ini penting karena psikotes selalu menekankan konsentrasi dan ketahanan sehingga jika fisik tidak fit maka konsentrasi akan buyar dan ketahanan menghadapi tes pun akan payah. Untuk itu jaga kesehatan baik- baik sebelum tes, dan tidur yang cukup pada malam menjelang tes dilaksanakan.
2. Perbanyak baca- baca buku psikotes dan latihan sehingga akan lebih terbiasa dengan berbagai macam soal. Untuk tes logika verbal banyak yang menyarankan untuk senantiasa dibaca- baca kembali karena kata- kata yang diujikan sering kali sama.
3. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan dengan baik maksimal sehari sebelumnya agar tidak mengganggu persiapan, khususnya dalam hal konsentrasi kita menghadapi tes.
4. Jika anda belum mengetahui lokasi tes, sebaiknya anda survey ke lokasi tempat akan dilaksanakan tes. Ini penting karena tidak akan mengganggu konsentrasi anda dan lebih tenang menghadai tes karena beban pikiran untuk mencari lokasi tes sudah hilang.

Demikian sedikit tips yang bisa saya sajikan. Mungkin hanya sedikit, tapi itu merupakan tips yang banyak disarankan oleh banyak orang, dan setidaknya dari pengalaman saya sendiri menghadapi psikotes dibeberapa instansi seperti Departemen Luar Negeri (Deplu) dan Kompas Gramedia, tips- tips tersebut sangat berguna. Semoga Tips menghadapi psikotes ini bermanfaat.


TAGS Tips psikotes Tips menghadapi psikotes Psikotes Tes Potensi Akademik (TPA)


-

Author

Follow Me